Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Macam Motif Batik Seragam Sekolah

Bukan Nusantara namanya kalau tidak beragam adat dan budayanya, itulah Indonesia! Dari semua budaya Indonesia baju batik adalah salahsatunya. Baju batik saat ini menjadi identitas bangsa, UNESCO telah mengakuinya dan ini merupakan asli yang berasal dari Indonesia.

Dari setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batik yang berbeda-beda, tentunya karena motif yang berbeda dan proses pembuatan yang tidak sama.

Menurut admin diantara macam-macam motif baju batik yang paling populer dan favorit diantaranya yaitu motif batik solo dan motif batik jogja. Jenis motif batik tersebut motifnya beragam dan punya khas tersendiri dari asal daerahnya.

Motif batik solo dan batik jogja juga cocok bila digunakan untuk seragam sekolah, seragam baju kerja kantoran dan seragam lainnya yang bermotifkan dasar kain batik.

Sekarang ini hampir di setiap sekolah, perusahaan dan perkantoran ada hari tertentu yang mengharuskan memakai pakaian batik, itu berupa seragam batik yang memang dikhususkan di tempat tersebut ataupun juga motif baju batik yang bebas asalkan bertema batik.

Baju batik di sekolah-sekolah biasanya dipakai di hari rabu dan kamis, dan kantoran biasanya dipakai kamis jum'at dan sabtu. Tiap tempat berbeda tergantungkebijakan pemimpinnya.

Berikut beberapa contoh macam motif batik untuk digunakan sebagai seragam sekolah:

1. Motif batik bentuk kotak-kotak
Model motif batik kotak-kotak sudah tidak asing lagi dilihatnya, terutama terlihat di sekolah-sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah SMP dan SMA banyak yang menggunakan motik kotak-kotak ini yang menjadi dasarnya dalam pemilihan motif baju batik.

2. Motif batik bentuk bulat-bulat/elips
Model motif batik bulat-bulat atau elips sebenarnya cocok digunakan untuk motif batik kantoran, tapi ada beberapa sekolah juga yang menggunakannya. Jadi tidak ada salahnya bila motif kotak-kotak terasa membosankan, motif bulat-bulat atau elips ini bisa menjadi pilihan dasar baju batiknya.

3. Motif batik bentuk bunga/daun/pohon
Model motif batik bunga/daun/pohon lebih cocok digunakan pada orang dewasa/orang tua, tetapi dengan dirain motif yang bisa di modikasi bentuk bungan/daun/pohon bisa menjadi cocok untuk seragam batik anak sekolahan.

4. Motif batik bentuk campuran
Model motif batik bentuk campuran menjadi favorit juga dibeberapa sekolah, terutama di sekolah SMA, dengan modifikasi batik yang motifnya campuran terlihat lebih elegan orang yang memakainya.

Itulah beberapa macam motif batik untuk seragam sekolah yang bisa menjadi pilihan anda sebagai guru yang mencari informasi motif batik untuk seragam sekolah sebagai inspirasi sebelum membuatnya untuk dipakai murid-murid.