Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kesalahan Dalam Memakai Jilbab Muslimah

Trend jilbab dan hijab masa kini sepertinya lebih menonjolkan sisi glamour yang modis dan trendy.

Iya memang pakaiannya tertutup tetapi tidak sedikit model pakaiannya jauh dari kata syar'i, seperti kain yang tipis dan transfaran, menonjolkan bagian lekuk tubuh tertentu, memperlihatkan bagian aurat dan hal lainnya yang tidak anda sadari.

Dalam setiap pemakaian jilbab yang mungkin sering anda pakai, bisa saja terdapat pakaian muslimah yang tidak memenuhi kriteria baju muslimah yang baik dan benar seperti yang admin pernah ulas sebelumnya.

Maka harus diperhatikan detail dari mulai ujung kepala sampai ujung kaki, agar pakaian muslimah anda sudah sesuai dengan ajaran agama Islam.

Berikut beberapa contoh kesalahan-kesalahan wanita dalam memakai jilbab muslimah yang sering terlihat dalam keseharian.
Kesalahan jilbab pertama
Kain yang dipakai terlalu singkat
Menurut riwayat Imam Tarmizi dan Nasa'i, dari Ummu Salamah r.a.: "Ya Rasullullah, bagaimana perempuan akan berbuat kain-kain mereka yang sebelah bawah?"
Sabda Rasullulloh S.A.W.: "Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi ke atasnya."
Kesalahan jilbab kedua
Kerudung tidak menutupi dada
Allah S.W.T. berfirman dalam surat An Nnur, ayat 31 bermaksud: "...hendaklah mereka tutupkan kerudung (selendang) mereka ke leher dan ke dada mereka..."
Kesalahan jilbab ketiga
Kerudung tidak menutupi dada
Lengan blaus yang pendek
Tidak bersarung kaki
Kain yang dipakai terlalu singkat
Menurut riwayat Bukhari dan Muslim: "Sesungguhnya, sebilangan ahli neraka ialah perempuan-perempuan yang berpakaian tetapi yang telanjang yang condong pada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat. Mereka tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium baunya."
Kesalahan jilbab keempat
Pakaian ketat dan menampakkan susuk tubuh
Rasullullah bersabda: "...hendaklah kamu meminjamkan dia baju yang panjang dan longgar itu..."

Solekan yang jelas dilihat (lipstik)
Allah S.W.T. berfirman dalam surat Al A'raf: ayat 31 bermaksud: "...pakailah perhiasanmu pada setiap waktu sembahyang. makanlah dan minumlah dan jangan melampaui batasan..."
Kesalahan jilbab kelima
Kerudung tidak menutupi dada
Tidak bersarung kaki
Pakaian ketat menampakkan susuk tubuh
Blaus yang dipakai singkat
Dalam surat An Nur, ayat 31 Allah berfirman: "Katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman , hendaklah mereka merendahkan pemandangan mereka dan menjaga kehormatan mereka..."
Kesalahan jilbab keenam
Lengan blaus pendek
Tidak bersarung kaki
Kain yang dipakai berbelah di depan (slit)
Menurut riwayat Ahmad, Abu Daud, An Nasa'i dan Ibnu Majah: "Barang siapa yang memakai pakaian yang menjolok mata, maka Allah S.W.T. akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhirat nanti."

Nah, itulah kesalahan-kesalahan dalam memakai jilbab muslimah yang sering terlihat di muka umum. Bagi anda yang merasa berpenampilan seperti itu segera perbaiki diri anda, bercermin terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk bepergian.

Tips penting yaitu jangan tergoda dengan pakaian-pakaian yang banyak dijual, karena kebanyakan pakaian yang dijual tidak sesuai syar'i. Cermati sebelum membeli, ingatlah syarat-syarat kriteria dalam menggunakan hijab muslimah.

Semoga bisa bermanfaat.