Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih Baju Sesuai Bentuk dan Ukuran Tubuh

Memilih jenis pakaian atau baju yang pas dengan bentuk dan ukuran tubuh memang tidak bisa dibilang gampang, karena buktinya setiap membeli pakaian atau baju, para konsumen banyak yang merasa kekurangan dalam hal model maupun ukurannya, jadi hal ini terlihat gampang-gampang susah.

Meskipun ada tempat untuk mencoba pakaian tersebut namun nyatanya setelah datang ke rumah ada sebagian orang yang merasa baju yang telah dibelinya masih ada kekurangan, terutama dalam hal ukuran.

Untuk mengatasi hal tersebut admin telah menyiapkan beberapa tips dan cara untuk memilih baju sesuai bentuk dan ukuran tubuh anda, sehingga ketika anda memilih baju/pakaian dan tidak ada ukuran yang cocok, anda bisa menggunakan pilihan baju sesuai yang admin sarankan dibawah ini.

Namun jangan lupa datanglah ke toko fashion yang lengkap agar banyak opsi pilihan yang dapat dicoba di ukur-ukur pada tubuh anda, juga model-model yang bisa dipilih-pilih.
Berikut ini beberapa tips cara untuk memilih baju/pakaian sesuai ukuran tubuh anda:

1. Pilih cutting
Cutting athletic cut umumnya berbentuk slim dan mengecil di bagian pinggang, sedangkan regular cut sedikit agak lebih renggang. Tanyakan kepada penjualnya, apa bedanya setiap jenis-jenis cutting dan mereknya, serta pilih juga sesuai yang anda sukai.

2. Ukur panjang lengan
Minta bantuan teman anda untuk mengukur panjang lengan anda. Berdiri tegak, tangan di letakkan di samping dengan rileks. Ukur dari pangkal leher sampai ke pergelangan tangan, pastikan pita ukuran jatuh datar pada bahu dan lengan. Dari hasil ukur yang di peroleh, tambahkan 1 inchi lalu bulatkan keatas.

3. Ukur bagian leher
Ambil pita ukur (meteran) dan ukur lingkar leher anda pada bagian yang biasa untuk tempat jatuhnya kerah. Tambahkan 1.5 inchi dari hasil ukur Anda tersebut, kemudian ukuran tersebut di bulatkan ke atas. Misal 16,3 di bulatkan menjadi 16,5 inchi. Hal ini agar kerah kemeja Anda tidak mencekik leher anda.

4. Ukur bagian pinggang
Ini perlu anda lakukan jika pada kemeja yang ingin Anda beli memberikan informasi ukuran pinggang. Berdiri dan ukur lingkar pinggang Anda, lalu tambahkan 1,5 inchi dari hasil ukurannya.

Dalam memilih jenis pakaian, maka sesuaikan dengan bentuk tubuh anda. Terutama dalam memilih jenis rok, dress gaun dan celana yang mungkin akan anda digunakan.

Nah berikut ini adalah tips dan cara memilih baju/pakaian sesuai bentuk tubuh anda:

1). Memilih Rok
- Pear shape:
Pilihlah rok yang akan membantu bagian bawah tubuh anda terlihat lebih slim dan ramping, misal untuk warna yang gelap, terutama pada bagian bawah dan hindari warna-warna mencolok yang terang dari pinggul ke bawah.
- Apple shape:
Rok pensil merupakan larangan besar buat anda yang bertipe seperti ini.
- Botish shape:
Rok berlayer dengan motif corak bunga-bungaan bisa membuat anda lebih cantik dan anggun.
- Hourglass shape:
Rok dengan potongan yang pas di badan akan terlihat bagus jika anda kenakan.

2). Memilih Dress
- Pear shape:
Hindari gaun dress yang terlalu ketat di tubuh, karena bentuk gaun ini akan mempertegas bentuk tubuh anda. Pilihlah gaun dress dengan aksen pada bagian atas tubuh untuk mengalihkan perhatian dari bagian bawah.
- Apple shape:
Pilihlah gaun dengan detil yang menarik pada seputar garis bagian leher. Ini akan membuat perhatian berpindah dari area perut.
- Botish shape:
Anda boleh memilih baju dengan banyak detil. Pilihlah gaun dengan bentuk yang lebih feminine untuk memaksimalkan bentuk tubuh anda.
- Hourglass shape:
Anda boleh dengan leluasa memilih bentuk gaun dress yang anda senangi.

3). Memilih Jeans (Celana Pendek atau Panjang)
- Pear shape:
Gunakan celana panjang berwarna hitam atau gelap dan yang memiliki pola yang lebih lebar di bagian tumit.
- Apple shape:
Celana yang digunakan haruslah sederhana, jangan terlalu banyak detil. Hindari  penggunaan kantong/saku yang besar.
- Boyish shape:
Anda yang bertubuh seperti ini beruntung, anda bisa gunakan celana yang pas di badan atau skinny jeans.
- Hourglass shape:
Jeans atau celana yang bebas anda gunakan dan disenangi.

Nah, itulah beberapa tips dan cara memilih baju dan pakaian sesuai bentuk dan ukuran tubuh anda. Silahkan gunakan tips ini ketika anda mau membeli baju dan pakaian. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi anda.