Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Simpul Cara Memakai Dasi

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui dan paham cara memakai dan mengikat tali dasi yang benar, meskipun banyak jenis simpulnya yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan, dari simpul yang mudah sampai simpul yang mungkin sulit bagi orang yang baru mempelajarinya.

Masalah pemasangan dasi ini tidak hanya anak-anak yang kurang menguasainya, tetapi juga orang yang sudah dewasa. Memang saat ini banyak dijual dasi yang sudah jadi yang memakai resleting, sehingga dalam pemakaiannya tidak lagi memakai simpul karena memang sudah jadi, tinggal dipasang di leher yang cukup di tarik dan di pakai senyaman mungkin.

Apakah anda salah satu orang yang belum tahu cara memakai dasi? Nah agar tidak terlihat 'kampungan', mari simak macam-macam simpul tali dasi yang bisa anda pelajari sendiri dengan step per step gambar yang admin share berikut ini.

Mari kita ulas enam jenis simpul cara memakai dasi dari yang paling mudah dan simple yang bisa anda pelajari secara cepat.

1. Bentuk dasi dengan jenis simpul kecil
Seperti namanya jenis simpul dasi ini berbentuk kecil dan simple. Jenis simpul ini cocok sekali digunakan untuk model dasi yang tebal dan kemeja yang berkerah sempit.

Begitu mudah dibuat sehingga jenis simpul ini cara yang paling sederhana dan simple untuk mengikat tali dasi dengan memutar 180°. Sebaiknya jenis simpul ini tidak digunakan pada kemeja berkerah panjang atau berkerah lebar.

2. Bentuk dasi dengan jenis simpul biasa (four-in-hand)
Jenis simpul biasa disebut juga four-in-hand, yaitu jenis simpul yang paling umum digunakan dikarenakan mudah diterapkan dan cocok pada sebagian besar jenis dasi dan kerah kemeja yang dipakai.

Orang yang cocok menggunakan simpul ini yaitu pria yang berukuran sedang dan tinggi. Jenis simpul ini setelah di buat simpul akan membentuk kerucut dan lonjong, bila menggunakan dasi tebal maka akan berbentuk lebar serta terlihat tebal dan sempit bila digunakan pada jenis dasi yang tipis.

3. Bentuk dasi dengan jenis simpul ganda (double)
Simpul ganda (double) sangat mirip dengan jenis simpul yang biasa, karena sama-sama hanya membutuhkan dua putaran saja. Di awali dari ujung tali dasi yang lebar diputar dua kali mengelilingi ujung tali dasi yang lebih kecil.

Jenis simpul ganda ini hasilnya lebih tebal dibanding dengan simpul biasa, dan ideal untuk sebagian besar jenis kemeja. Simpul ganda juga cocok untuk semua jenis dasi yang akan digunakan, kecuali dasi yang terlalu tebal dan besar.

4. Bentuk dasi dengan jenis simpul windsor
Jenis simpul dengan gaya dasi Inggris ini biasanya dipakai untuk acara-acara penting seperti di kantor, rapat atau acara lainnya. Namanya simpul ini diambil dari seseorang yang bernama Duc of Windsor sekaligus orang yang mempopulerkannya. Dengan bentuknya yang amat lebar, simpul ini sebaiknya digunakan untuk kerah yang berjarak lebar dan besar.

Cara memakai simpul windsor ini dengan meletakkan simpul berada tepat di tengah kedua ujung kerah dan menutupi kancing kemeja yang paling atas. Petunjuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.

5. Bentuk dasi dengan jenis simpul half windsor
Simpul half windsor hampir mirip dengan simpul windsor, namun bentuknya tidak terlalu lebar dan besar, juga lebih mudah dibuat. Simpul ini cocok digunakan pada dasi tipis atau tidak terlalu tebal yang sempurna apabila dikombinasikan dengan kemeja berkerah klasik atau kemeja berkerah yang terbuka. Hasil dari perpaduan tersebut menjadikan tampilan terlihat lebih bergaya dan elegan.

6. Bentuk dasi dengan jenis dasi kupu-kupu
Pemakaian jenis dasi kupu-kupu baik digunakan untuk acara-acara santai yang tidak formal. Karena pada dasarnya dasi ini berwarna mencolok hitam maka cocok bila dikombinasikan dengan kemeja berwarna putih dengan tuksedo yang berwarna hitam. Tetapi selain warna dasar yang hitam ternyata jenis dasi kupu-kupu ini tersedia pula warna lainnya. Dipakai untuk jas dan kemeja dengan kerah berjarak lebar.

Nah itulah beberapa jenis simpul cara memakai dasi yang baik dan benar yang bisa admin share untuk anda yang sedang mencari informasi pemakaian dasi. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi anda untuk bisa melakukannya sendiri di rumah.