Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Model Baju Batik Dengan Motif Kotak

Tidak bosannya kita membahas kembali tentang adat budaya tradisi Indonesia, ya batik! Batik adalah warisan asli leluhur tanah air yang sudah diakui dunia internasional. Setelah diakui jangan biarkan negara lain merebutnya, kita lestarikan warisan baju batik ini.

Terkadang kaum muda-mudi malu untuk memakai batik, atau bahkan tidak mau sama sekali. Padahal kalau bukan kita yang memakainya siapa lagi.

Setelah di kesempatan sebelumnya admin pernah mengulas artikel model baju batik dengan motif bunga kali ini kita akan mengulas model baju batik dengan motif kotak. Sebenarnya motif batik kotak setiap daerah di Indonesia mempunyai khasnya masing-masing.

Kita akan mencoba mengulas beberapa jenis motif batik kotak kumpulan dari berbagai daerah di tanah air seperti Jogjakarta, Pekalongan, Garut, Priangan dan daerah lainnya. Tidak semua tiap daerah kita ulas, namun hanya sebagian contoh saja.

Silahkan lihat gambar berikut dibawah dan simak penjelasannya bagi anda yang menyukai berbagai macam motif batik kotak sebagai koleksi bahan pakaiannya.

1. Motif batik kotak abimanyu jogja
Model baju batik kotak abimanyu yaitu berasal dari kota Jogjakarta. Sepertinya dahulu kala motif batik ini banyak dipakai di kerajaan-kerajaan karena terlihat dari motifnya yang kental nuansa sebuah kerajaan dan namanya juga motif batik abimanyu, tentunya itu adalah nama yang diambil dari seorang tokoh.

Motif batik ini sekarang begitu cocok dipakai oleh orang yang berumur diatas 30 tahun alias orang yang sudah berumur, cocok dijadikan sebagai baju batik kotak panjang untuk menghadiri sebuah acara pernikahan.

2. Motif batik kotak bunga sekar ungu
Warna ungu sering diperlambangkan kesendirian dan kental pada seorang perempuan. Dan warna pada motif batik ini menjadi warna dasar ungu untuk pakaian batik nanti setelah jadi.

Motif batik kotak bunga sekar ungu ini lebih cocok jika dikenakan di perempuan, karena akan terlihat anggun orang yang memakainya.Apalagi dibuak rok gaun dengan model baju busana muslim yang akan membuat anda makin cantik.

3. Motif batik kotak ceplok blingon
Motif batik ceplok blingon juga berasal dari jogjakarta, motif batik ini sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sudah banyak orang yng memakainya, karena semua akar cocok memakai jenis motif batik ceplok blingon ini.

4. Motif batik kotak hijau cerah
Model baju motif batik kotak hijau cerah bisa digunakan untuk anak-anak atau atau anak muda dan remaja, karena warnanya cerah lebih cocok untuk kaum muda-mudi.

Tapi tidak ada salahnya bagi orang dewasa yang mau mencobanya juga bisa bereksperimen, mungkin dengan mengkombinasikan dengan motif batik lain, atau mungkin dipadukan dengan warna bawahan yang sesuai.

5. Motif batik kotak kawung peksi kreno
Jenis motif batik kotak peksi kreno merupakah motif batik khas jogaja, Anak sekolahan mungkin banyak menggunakan motif batik ini, karena cocok untuk dijadikan model batik seragam sekolah terutama sekolah dasar (SD) dan sekolah menegah pertama (SMP).

6. Motif batik kotak merah tenun ikat
Seperti pada jenisnya, motif batik kotak ini diberi nama batik tenun ikat maka pembuatannya pun dengan cara ditenun. Motif ini tentu akan cukup memakan waktu dalah hal pembuatannya dibanding dengan motif-motif batik yang menggunakan cap, seperti motif batik cap dari priangan.

7. Motif batik kotak nuansa klasik
Nuansa klasik terpancar dari motif batik yang satu ini, karena menonjolkan hitam klasik dengan bulatan titik-tik berwarna putih. Apabila anda memakai jenis motif ini mungkin anda akan merasakan nuansa klasik seperti jaman dahulu yang serba hitam putih.

8. Motif batik kotak pink cap priangan
Dari priangan juga tidak kalah tertinggal yaitu batik motif dengan warna pink khas cap priangan. Meskipun sangat terlihat jelas dari segi pembuatan cap nya, namun model ini nampaknya cukup menjadi favorit karena pembuatanya yang relatif lebih mudah dan cepat dibanding jenis motif batik kotak lainnya.

9. Motif batik kotak ungu & merah marun
Anak muda dan remaja pasti akan memfavoritkan jenis batik ini, selain warna ungu dan merah marun memang cocok untuk kaum muda-mudi, motif batik kotaknya juga terlihat lebih modern dan 'fashionable' orang yang memakainya.

Motif batik ini banyak dibuat di berbagai daerah di Indonesia terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya untuk menarik konsumen kalangan muda yang gaul dan proaktif dengan aktifitasnya.

10. Motif batik tulis jogja kotak ular
Motif batik terakhir yang kita ulas adalah baju batik tulis asal jogja dengan motif seperti ular. Dinamakan motif ular karena motifnya sekilas nampak seperti ular. Motif batik ini terlihat gagah dengan desain tertentu yang digunakan untuk laki-laki.

Itulah beberapa gambar motif batik kotak dari berbagai daerah di Indonesia, meskipun tidak mewakili semua daerah di Indonesia dan kebanyakan berasal dari kota Jogjakarta, semoga ulasan beberapa jenis motif batik diatas menjadi inspirasi dan mulai meminati dan menggunakan pakaian baju batik untuk anda pakai di acara-acara tertentu atau bahkan dalam keseharian anda dirumah.